Review K-Drama Twenty Five Twenty One : Penonton Jangan Banyak Berharap

 Assalamualaikum Yorobuun !

Dari judulnya Twenty Five Twenty One , sudah susah nebak ya. Ini tuh drakor tentang apa sih? 2521 itu apa? Kode password HP? Tahun ? Atau apa? Nggak nyangka banget ternyata dari judul yang nggak bisa ketebak ini, menurutku jadi salah satu drama terbaik yang pernah aku tonton. Tipe dramanya mirip-mirip dengan trilogy Reply. Alurnya maju mundur dan ada unsur tentang persahabatan. Namun ceritanya totally beda. Salah satu yang membedakan, di 2521 disuguhkan juga tentang perjuangan meraih cita-cita. Alurnya, ceritanya, para karakter, chemistry para aktor, dan endingnya menurutku perfect. Ga salah deh kemaren rame bener yang omongin ini drama. Yuk kita bahas satu-satu!






Profil 2521

  1. Judul: Twenty Five Twenty One
  2. Hangul: 스물다섯 스물하나
  3. Romanisasi : Seumuldaseot Seumulhana
  4. Sutradara : Jung Ji-Hyun
  5. Penulis: Kwon Do-Eun
  6. Tayang di : tvN , Netflix
  7. Episodes: 16
  8. Tayang : 12 February - 3 April , 2022

 Cast :

  • Kim Tae-Ri sebagai Na Hee-Do
  • Nam Joo-Hyuk sebagai Baek Yi-Jin
  • Bona sebagai Ko Yu-Rim
  • Choi Hyun-Wook sebagai Moon Ji-woong
  • Lee Joo Myung sebagai Ji Seung-Wan

Karakter utama Twenty Five Twenty One

Hampir semua karakter yang sering muncul di drama Twenty Five Twenty One ini punya ciri khas dan cerita masing-masing. Bahkan Ibu dan Pelatihnya Na Hee Do juga punya kisah tersendiri. Tapi kita rangkum 3 karakter yang paling menonjol saja yah.

Na Hee-Do

             (Sumber : IDNTimes)

Punya cita-cita menjadi pemain anggar professional, Na Hee Do menjadikan Ko Yu Rim sebagai role modelnya. Namun karna IMF , Na Hee Do yang bersekolah di sekolah putri ini dipaksa berhenti dari kegemarannya bermain anggar. Dengan karakternya yang tidak mudah putus asa, sosok Na Hee Do yang diperankan oleh Kim Tae Ri menjadi karakter yang kuat sebagai pemeran utama wanita di drama ini. Perjuangan Na Hee Do memikirkan cara bagaimana dia tetap bisa bermain anggar hingga akhirnya bisa bersaing melawan idolanya emang bikin penonton ikut bersemangat dan mendoakan Na Hee Do bisa menang di setiap pertandingan. Dalam perjuangannya meraih mimpi, Na Hee Do bertemu Baek Yi Jin yang selalu mendukung dan menguatkannya ketika banyak halangan menghampiri.

Baek Yi Jin

(Sumber : Pikiranrakyat.com)

 

Sepertinya karakter pejuang dari bawah memang cocok jadi langganannya Nam Joo Hyuk dalam memilih peran. Setelah sukses meranin Nam Do-San di drama Start Up, kali ini Nam Joo Hyuk jadi anak konglomerat yang bangkrut bernama Baek Yi Jin. Demi mengumpulkan kembali keluarganya yang terpisah-pisah karena IMF, Baek Yi Jin bekerja keras untuk mendapatkan pekerjaan dengan ijazah SMA-nya (FYI, ketika bapaknya bangkrut, dia masih mahasiswa di tahun kedua dan nggak bisa lanjutin kuliahnya) .

Di tengah keterpurukannya setelah bapake bangkrut, pada suatu hari ketika sedang melakukan pekerjaan paruh waktunya, Baek Yi-Jin ketemu Na Hee-Do. Kebetulan-kebetulan yang terjadi di antara mereka membuat Baek Yi-Jin mulai menjadikan Na Hee-Do sebagai role modelnya untuk selalu semangat menjalani hidup.

Ko Yu-Rim

          (Sumber : IDNTimes)

Idolanya Na Hee-Do . Kesayangan semua orang karena dia peraih medali emas Korea. Dibalik prestasinya, Ko Yu-Rim ternyata juga struggle di kehidupan anggar yang mengharumkan namanya ini. Karena anggar merupakan olahraga yang mahal, sementara orangtuanya bukan orang kaya. Selama ini keluarga Baek Yi-Jin menjadi sponsor untuk Ko Yu-Rim , namun setelah keluarga Baek Yi-Jin bangkrut, Ko Yu-Rim harus berjuang bertahan menjadi atlet anggar nomor satu di Korea.

 

Sinopsis

Sebenarnya aku ragu yah mau bikin bab sinopsis ini, karena menurutku kalian udah bisa tarik kesimpulan dari penjelasan para karakter yang aku bikin diatas dan nonton trailernyaTrailernya bisa kalian tonton disini  . Tapi berhubung trailernya nggak terlalu menjelaskan isi cerita, bakal aku jabarin sedikit.

Kalau kita lihat dari trailer, sungguh kupikir hanya drama tema romcom biasa. Tapi ternyata pesan dari drama ini menyentuh sekali. 2521 mengisahkan tentang Na Hee-Do dan Baek Yi-Jin yang bertemu di usia mereka yang masih sangat muda kala itu, Na Hee-Do masih berusia 17 tahun dan Baek Yi-Jin berusia 21 tahun. Kisah cinta dan persahabatan mereka sangat kuat ketika masih muda, berawal dari saling support terhadap impian masing-masing, akhirnya Na Hee-Do dan Baek Yi-Jin berpacaran ketika Na Hee-Do berusia 19 tahun. Dan selanjutnya, jika kalian peka, seharusnya kalian mengerti kenapa judul drama ini Twenty Five Twenty One. Yap, karena titik balik cerita Baek Yi-Jin dan Na Hee-Do ketika mereka berusia 25 dan 21 tahun.

 

Review

Disclaimer !!! :

Ini review pribadi, mau dijadiin acuan untuk nonton ya monggooo. Yang setuju boleh DM Aku, yuk kita gosipin drama ini dengan antusias. Karena jujur, ketika abis nonton drakor , yang paling kita butuhkan adalah orang-orang yang juga bersemangat bercerita dan mendengarkan cerita kita yang menggebu-gebu karena susah move on dari drama yang abis kita tonton bukan?

Bagi yang ga setuju, ga sependapat atau sekedar ga suka, pergi sajalah kalian dari blog ini. Kalian bikin blog sendiri. Tidak butuh pendapat kalian. Bhay! :p

 

Chemistry

          (Sumber : Tribunnews.com)

Jujur ya, Nam Joo-Hyuk itu bukan salah satu tipeku untuk aktor-aktor korea. Tapiiii, bisa kupastiin aku udah nonton semua drama yang dibintangi Nam Joo Hyuk karena menurutku dia cerdas memilih peran untuknya. Dan dramanya sukses semua. Aktingnya ya jangan diragukan lagi. Si paling cocok meranin karakter yang lagi struggle dan berusaha bangkit dari keterpurukan.

Lalu pemeran utama ceweknya adalah Kim Tae-Ri , dimana aku agak ilfil karena dia pernah main film menjadi kaum pelangi. Ditambah aku merasa poni dan rambutnya mengganggu sekali di 2521. So, ku undur-undurlah untuk menonton 2521. Yang akhirnya kusesali kenapa Aaku telat menonton drama sebagus iniiiii.

Tahu dong yah, kalau kita lagi antusias sama suatu drama, biasanya kita akan cari informasi sebanyak mungkin tentang para pemain. Kupantau IG Kim Tae-Ri , ada sih update tentang 2521, tetapi nggak ada Nam Joo-Hyuk. Dan cuma satu pula. Kupantau IG dari Nam Joo-Hyuk, ya jangan harap deh, dia update post di IG aja udah syukur. Terakhir update post Maret 2022. Curiga dia lupa password IG-nya kayanya. Si para aktor kayaknya nggak sesemangat itu untuk promosi dramanya. Jadi aku menarik kesimpulan, mereka di kehidupan nyata hanya professional aja, mau nge-ship? Nggak usah deh. Tidak ada tanda-tanda di kehidupan nyata mereka itu dekat.

Tapi bayangin betapa hebatnya mereka ini, di balik terlihat tidak antusiasnya mereka, tapi mereka membuat Baek Yi-Jin dan Na Hee-Do seperti sedekat nadi. Di 2521 adegan menye-menye nggak terlalu banyak apalagi di awal episode, tapi gesture tubuh, cara berpikir, cara saling bicara, cara menatap dan cara mereka saling perhatian semua diperankan dengan perfecto banget oleh Nam Joo-Hyuk dan Kim Tae-Ri disetiap scene mereka bersama (Ayo tepuk tangan!!). Walaupun belum lama ini aku baca berita Nam Joo-Hyuk dan Kim Tae-Ri dinobatkan menjadi selebriti ber-atitude jelek nomor 2 dan 3 oleh para reporter, tidak menggoyahkan betapa hebatnya chemistry yang mereka bawakan sebagai Baek Yi-Jin dan Na Hee-Do. Luuuuuvv banget pokoknya.

Rate : 5/5

 

Alur cerita

Temanya drama 90an. Sudah pasti alurnya maju mundur. Salah satu alur yang aku sukai kalau nonton drama. Jalan cerita lumayan cepat. Ada masalah, solusinya sudah ada dan semua bisa berkaitan di tiap scene-nya. Drama yang nggak ada orang jahatnya. Walau ada yang menyebalkan, kita sebagai penonton bisa memakluminya karena penulis menyajikan juga alasannya.

Writer-nim nya menurutku cerdas banget (pengen salim deh). Di awal episode saja kita sudah tahu ya endingnya bakal bagaimana. Karena bukan cuma kasih clue, tapi dipampang nyata endingnya bakal seperti apa. Sudah pasti seperti apa. Tetapi membuat orang tetap ingin menonton. Dan membuat orang tetap berharap seperti “Tidak. Ini tidak mungkin terjadi. Aku ingin plot twist” . Mungkin begitu kira-kira semua orang ketika nonton drama ini. Skill dewa banget nggak tuh cara dia membuat cerita. Pengen banget diangkat jadi murid Kwon Do-Eun writer-nim.

Rate : 5/5

 

The Moment

          (Sumber : Tribunnews.com)

 

Adegan-adegan yang menurutku legend di drama ini ada dua. Yang pertama adalah ketika pertandingan antara Ko Yu-Rim dan Na Hee-Do . Na Hee-Do yang sudah pontang-panting hingga akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjadi saingan dari idolanya sendiri lumayan tetap bikin kita deg-deg-an ketika menonton. Walau dari episode satu, penonton sudah diberi tahu kalau Na Hee Do adalah mantan atlet nasional yang selalu menyumbang emas untuk negaranya, penonton tetap nggak bisa nebak siapa yang bakal menang di pertandingan tersebut. Situasi yang menegangkan dari pertandingan tersebut bikin kita lupa kalau pemeran utamanya siapa.

Yang kedua adalah ketika Baek Yi-Jin yang sudah jadi news anchor mewawancarai Na Hee-Do via video call secara live ketika Na Hee-Do baru memenangkan medali emas lagi untuk Korea Selatan. Sungguh kalian yang belum nonton harus siap-siapin jantung di adegan ini. Sebagai penonton lagi-lagi kita sudah tahu endingnya seperti apa, tapi nggak menyangka di adegan ini bikin kaget sekaget-kagetnya. Ku kira hanya adegan biasa, tapi ternyata sungguh mematahkan hati dan bikin jantungan saking kagetnya

Rate : 5/5

 

Ending

       ` (Sumber : kabarbintang.id)                                                                                                                              

Bagi yang nggak suka spoiler mending berhenti baca dari sini. Sudah aku peringatkan ya . Aku nggak bertanggung jawab kalo kalian jadi ter-spoiler. Karena walau dari awal episode udah ada bau-bau bakal sad ending, di hati kecil para penonton tetap masih positive thingking bakal happy ending. Lah ternyata memang sad ending . Hahahaha

Aku bukan pemuja happy ending. Ataupun benci drama yang sad ending. Jadi bagiku, walaupun 2521 adalah drama yang sad ending, bagiku ini drama sad ending terbaik yang pernah aku tonton. Sad ending yang aku cinta banget sampai pengen banget salim dan pelukan sama writer-nim karena bagus banget loh. Hati kita dipatahkan ketika menonton episode terakhir 2521, tapi ntah kenapa kita bisa memaklumi itu. Na Hee-Do dan Baek Yi-Jin pada akhirnya nggak berjodoh, tapi yah semua ceritanya rasional sesuai fakta di lapangan. Karena mau sehebat apa pun cinta pertama, nggak selamanya memang berakhir di pelaminan alias happy ending. Cuma nyesek banget emang nontonya, kita sebagai penonton yang dibikin lebih sedih dibandingkan Na Hee-Do dan baek Yi-Jin sendiri.

Rate : 1000000/5

 

Why You Should Watch This Drama?

Oke, berarti kesimpulannya adalah drama ini wajib banget harus ditonton. Walau kalian benci sad ending, udahla tonton duluuuu. Karena 2521 ngga cuma soal cinta-cintaan, tapi tentang perjuangan meraih cita-cita dan juga persahabatan. Semua dirangkum dengan ciamik banget dari segala sisi. Dari awal writer-nim nya juga nggak ngasih kita kesempatan untuk berangan-angan, tapi tetap bikin penonton berdoa kalau Na Hee-Do dan Baek Yi-Jin bakal happy ending. Perjuangan Na Hee-Do untuk menjadi atlet nasional peraih medali emas juga membuat kita bersemangat memikirkan diri kita untuk juga berjuang meraih impian kita seperti yang Baek Yi-Jin lihat dari Na Hee-Do.

Terima kasih yang udah bertahan membaca review drama 2521 di blog ini. Bagi kalian yang akhirnya tergerak untuk menonton karena tulisanku, let me know ya. Aku bakal senang sekali drama ini makin dicintai banyak orang berkat tulisanku.


Happy Watching!

Comments